Kamis, 05 Januari 2012

MENGGUNAKAN FUNGSI - FUNGSI UNTUK MEMBUAT KONEKSI - KONEKSI MATEMATIKA


http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/310895111.pdf

1 komentar on "MENGGUNAKAN FUNGSI - FUNGSI UNTUK MEMBUAT KONEKSI - KONEKSI MATEMATIKA"

Anisa Rosmala Dewi on 10 Januari 2012 06.57 mengatakan...

Menurut pendapat saya,untuk menggunakan fungsi – fungsi untuk membuat koneksi – koneksi matematika pada dasarnya mempunyai tujuan umum pembelajaran matematika disekolah adalah untuk mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan juga di dalam tujuan ini terdapat pola pikir yang ada di matematika dalam kehidupan sehari – hari.
Pada landasan teoritis,guru sering membuat contoh tentang materi fungsi . pengertian koneksi matematika juga dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam yang terdirpengertian koneksi matematika juga dapat diklasifikasikan menjadi 3 macam yang terdiri dari :
• Koneksi antar topik matematika
• Koneksi dengan disiplin ilmu yang lain dalam arti terkandung cara – cara matematika yang lain.
• Koneksi dalam kehidupan sehari – hari
Pada hasil belajar matematika bahwa kemampuan siswa dapat diukur dengan menemukan hubungan antar topik – topik dengan mengembangkan prinsip pengetahuan dan dapat membangun beberapa cara yang berbeda.
Menurut saya,karakteristik matematika itu terbentuk dari konsep – konsep yang saling terkait dan saling menunjang dengan melalui peningkatan kemampuan koneksi matematika ,kemampuan berpikir dan wawasan siswa terhadap matematika dapat pula meningkatkan kognitif siswa. Pada tingkat dasar guru sd meminta siswanya untuk menyebutkan jumlah hewan piaraan dalam keluarganya. Disini pada dasarnya relasi fungsi juga melengkapi suatu konteks dimana siswa sd dapat membuat koneksi matematika. Siswa dituntut untuk bisa membuat gambaran fungsi secara visual. Sedangkan pada tingkat menengah,siswa dituntut untuk mengetahui atau dapat melakukan investigasi atau penjabaran terhadap panjang,lebar,keliling dan luas persegi panjang dengan menggunakan setting yang menarik. Ada komunikasi antara guru dengan siswa untuk berdiskusi agar menghasilkan kesimpulan bahwa dengan menggunakan panjang dan lebar tertentu dapat menghasilkan keliling dan luas yang tunggal, dan luas atau keliling tertentu dapat menghasilkan panjang dan lebar yang tunggal. Pada dasarnya,ketika kita mengeksplorasihubungan dunia nyata dan mencoba mempresentasikan mereka pada model matematika ,kita akan memperlukan asumsi – asumsi tertentu.
Kesimpulannya,koneksi matematika mengggambarkan hubungan fungsional yang diilustrasikan dari 3 tingkatan kurikulum matematika sekolah. Disini guru dituntut agar dapat membantu para siswa mengeksplorasi dengan pengumpulan data yang relevan pada siswanya dengan penginvestigasian . Dengan adanya eksplorasi ,siswa dapat mendiskusikan sifat – sifat dari persegi panjang sehingga dapat membandingkan antara persegi dan persegi panjang ,itu pada tingkat menengah. Sedangkan pada tingkat tinggi,koneksi dapat digunakan untuk memperkenalkan,mengeluarkan dan memperluas konsep fungsi bagi siswa. Hubungan fungsional ini juga dapat memberikan peningkatan pada suatu jaringan koneksi matematika.

Poskan Komentar

Followers

Labels

 

Inovasi Pembelajaran Matematika Copyright 2009 Shoppaholic Designed by Ipietoon Image by Tadpole's Notez